Open top menu
Kamis, 07 November 2013


Hal-hal yang diperbolehkan saat ihram

Kata ihram sendiri berasal dari kata haram yaitu dilarang, ada berapa hal yang dilarang saat melakukan ibadah haji lebih jelanya anda bisa artikel kami “ hal yang dilarang saat ihram “ akan tetapi ada beberapa hal yang menurut sebagian jemaah haji dilarang padahal sebetulnya diperbolehkan. Hal tersebut antara lain :

1. Mandi dan mengganti pakaian. Sebagaimana riwayat dari Ibrahim An-Nakha’i disebutkan, para sahabat jika telah sampai di Sumur Maimun, maka mereka pun mandi. Kemudian mereka memakai pakaian mereka yang bagus-bagus.

Riwayat lain dari Ibnu Abbas RA menerangkan bahwa ia pernah masuk ke kamar mandi di Juhfah. padahal waktu itu ia sedang ihram. Kemudian ia ditanya, “Mengapa engkau masuk ke kamar mandi pada hal engkau sedang ihram?”

Ia menjawab, “Sesungguhnya Allah tidak mempedulikan kita, karena kekotoran badan kita.”

Para ulama Syafi’iyah dan Hanbaliyah membolehkan (orang yang ihram) mandi dengan sabun wangi dan mengembangkan rambut, kemudian menyisirnya, sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Muslim dari Aisyah, bahwasanya Rasulullah SAW menyuruhnya dengan sabdanya, “Bukalah kepalamu, dan bersisirlah!” Imam Nawawi juga mengatakan, membuka rambut dan menyisirnya dalam ihram diperbolehkan bagi kami, asal tidak mencabut rambut. Akan tetapi menyisir rambut tanpa uzur adalah makruh, namun tidak apa-apa, membawa barang-barang di kepala.

2. Menutup muka karena debu. Diriwayatkan oleh Imam Syafi’i dan Said bin Mansur dari Al-Qasim, Utsman bin Affan, dan Zaid bin Tsabit, serta Marwan bin Hakam, menutup wajah mereka, sedang mereka ihram. Thawus juga mengatakan, orang yang ihram boleh menutup mukanya dari debu yang beterbangan.

3. Memakai sepatu bagi wanita. Wanita yang ihram boleh memakai sepatu. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan oleh Abu Daud dan Imam Syafi’i dari Aisyah RA, “Rasulullah SAW membolehkan para wanita memakai sepatu

Demikianlah hal hal yang diperbolehkan dalam ihram semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Different Themes
Written by Lovely

Aenean quis feugiat elit. Quisque ultricies sollicitudin ante ut venenatis. Nulla dapibus placerat faucibus. Aenean quis leo non neque ultrices scelerisque. Nullam nec vulputate velit. Etiam fermentum turpis at magna tristique interdum.

0 komentar